Makna Psikologis Warna Navy dan Maroon

Survei membuktikan pria menyukai warna navy selain warna hitam. Benarkah?

Selain warna hitam ternyata warna favorit pria adalah warna navy dan marun.

Makna Psikologis Warna Navy

Navy mulanya diambil dari warna biru gelap yang dikenakan oleh Angkatan Laut Britania Raya pada tahun 1748. Kemudian diadopsi oleh angkatan laut seluruh dunia.

Warna navy bisa dikatakan warna wajib pria selain hitam. Warnanya yang versatile atau netral dapat dipadupadankan dengan berbagai jenis style untuk kegiatan formal maupun casual.

Terlebih warna navy sangat nyaman dipandang dan cocok dengan beragam jenis kulit pria. Ada apa dengan warna Biru? Secara psikologis warna navy masuk kategori warna biru.

Penggemar warna biru adalah tipe orang yang tenang, teratur dan dapat dipercaya. Mereka juga sangat menghargai loyalitas pada sesama. Beberapa jenis warna biru memiliki karakter yang berbeda.

Biru langit mewakili tipe orang yang menyukai kesenangan dan hidup santai, sedangkan biru navy (biru langit di malam hari) menggambarkan sifat serius dan konservatif.

Bagaimana dengan makna psikologis warna Maroon?

Warna maroon (marun) atau dikenal dengan brownish-crimson atau dark brownish-red, dan dalam bahasa Indonesia sering disebut merah hati merupakan warna yang pertama kali didokumentasikan pada tahun 1789.

Awalnya berasal dari bahasa Prancis untuk sebutan jenis kacang-kacangan maroon, yang juga terdapat di Italia dengan nama Marrone. Warna maroon ini memiliki gradasi warna yang beragam dan terdapat empat jenis warna maroon paling populer, antara lain maroon, bright maroon, rich maroon, dan dark red.

Warna maroon banyak digunakan sebagai warna sekolah dan universitas di dunia, salah satunya University of Chicago

Warna maroon sering digunakan sebagai ciri khas warna sekolah, restoran, kendaraan, pakaian hingga interior rumah. Saat digunakan untuk warna utama bagian interior restoran ternyata dapat meningkatkan selera makan. Jika maroon dipakai sebagai warna dasar pakaian dapat menarik perhatian serta menunjukkan gairah.

Sedangkan warna maroon pada kendaraan menunjukan profesionalisme serta passion. Warna maroon pun memiliki makna psikologis yang mengindikasikan dapat mengendalikan diri serta bijaksana.

Antara kedua warna tersebut, manakah warna yang lebih menunjukkan diri Anda? 

 

Sumber:

http://www.empower-yourself-with-color-psychology.com

Back to blog